Posted by : Unknown Rabu, 07 Januari 2015

Penderita maag memang harus pintar-pintar dalam memilih makanan, jika tidak cermat dalam memilih makanan dapat menyababkan maag. Pada pembahasan sebelumnya saya telah membahas mengenai Tips Diet Sehat Untuk Penderita Maag. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan info mengenai Menu Makanan Untuk Penderita Maag.

Makanan Yang Boleh Dikonsumsi
  • Kentang
    Sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.
  • Pisang Masak
    Mengandung kalium, selain melon, pepaya dan tomat. Kalium yang dikandung dalam buah-buahan tersebut bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.
  • Brokoli
    Merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.
  • Bubur Ayam
    Bagi penderita sakit maag akut sangat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa boleh ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk.
  • Lidah Buaya
    Bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.
  • Kol
    Meski banyak dijauhi karena mengandung gas, banyak ahli kesehatan yang justru memanfaatkan kol untuk mengatasi penyakit maag. Menurut Dr. Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, dan mengobati luka pada saluran pencernaan. Mengenai konsumsi kol ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda
  • Permen Karet (bukan utk dimakan
    Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung. Selain itu, bertambahnya produksi air liur juga dapat meningkatkan upaya pembersihan lambung.
Makanan Yang Harus Dihindari
  1. Penderita maag harus menghindari makanan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).
  2. Penderita maag harus menghindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat dan keju.
  3. Penderita maag harus menghindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain: kopi, minuman , anggur putih, sari buah sitrus atau susu full cream. Kopi juga sebaiknya dihindari saat sahur karena akan merangsang buang air kecil berlebih (diuresis).
  4. Penderita maag harus menghindari beberapa sumber karbohidrat antara lain beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, tales, dan dodol.
  5. Penderita maag harus menghindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas,merica dan bumbu yang merangsang.
  6. Penderita maag harus menghindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan, antara lain coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
  7. Penderita maag harus menghindari kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung antara lain makan permen khususnya permen karet dan merokok.
Itulah Menu Makanan Untuk Penderita Maag. Bagi anda yang memiliki maag mulailah mencoba menu di atas supaya maag anda tidak sering kambuh dan hindari juga makanan yang dapat memicu timbulnya maag. Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini dapat mebantu anda.



Artikel Terkait 

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. terimakasih banyak sob tutorialnya, sangat membantu

    BalasHapus
  2. Terimakasih untuk ifnfonya. .ssangat bermanfaat sekali untuk kami.
    Salam sehat ya

    BalasHapus

Silahkan komentar, Blog Ini Memakai DOFOLLOW

No Spam, No Sara, No Porn

Pakai Name dan URL lebih baik dan sangat DIANJURKAN

Popular Post

Alexa Rank

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © I-GamatGold.blogspot.com -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -